Galatia 1:7-9
1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan
kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan
Injil Kristus.
1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu,
terkutuklah
dia.
1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima,
terkutuklah dia
1 .
Galatia 1:15
1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku
2 sejak kandungan
ibuku dan memanggil aku
oleh kasih karunia-Nya,
Galatia 1:23
1:23 Mereka hanya mendengar, bahwa ia yang dahulu menganiaya mereka, sekarang memberitakan iman,
yang pernah hendak dibinasakannya.
Galatia 2:2-3
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan.
Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi
--dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang--,supaya jangan dengan percuma aku berusaha
atau telah berusaha.
2:3 Tetapi kendatipun Titus,
yang bersama-sama dengan aku, adalah seorang Yunani,
namun ia tidak dipaksa untuk menyunatkan dirinya.
Galatia 2:6
2:6 Dan mengenai mereka yang dianggap terpandang
itu--bagaimana kedudukan mereka dahulu, itu tidak penting bagiku, sebab Allah tidak memandang muka
3 --bagaimanapun juga, mereka yang terpandang itu tidak memaksakan sesuatu
yang lain kepadaku.
Galatia 2:8
2:8 --karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul
bagi orang-orang bersunat, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku
untuk orang-orang yang tidak bersunat.
Galatia 2:10
2:10 hanya kami harus tetap mengingat orang-orang miskin
4 dan memang itulah yang sungguh-sungguh kuusahakan melakukannya.
Galatia 2:20
2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.
Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah
yang telah mengasihi aku
dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
Galatia 3:5
3:5 Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh
5 kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat
6 di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?
Galatia 3:8
3:8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu
segala bangsa akan diberkati."
Galatia 3:11-13
3:11 Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat
adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman
7 .
"
3:12 Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.
3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat
dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!
"
Galatia 3:17-21
3:17 Maksudku ialah: Janji yang sebelumnya telah disahkan Allah, tidak dapat dibatalkan oleh hukum Taurat, yang baru terbit empat ratus tiga puluh tahun
kemudian, sehingga janji itu hilang kekuatannya.
3:18 Sebab, jikalau apa yang ditentukan Allah berasal dari hukum Taurat, ia tidak berasal dari janji;
tetapi justru oleh janjilah Allah telah menganugerahkan kasih karunia-Nya kepada Abraham.
3:19 Kalau demikian, apakah maksudnya hukum Taurat
8 ? Ia ditambahkan oleh karena pelanggaran-pelanggaran
--sampai datang keturunan
yang dimaksud oleh janji itu--dan ia disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat
ke dalam tangan seorang pengantara.
3:20 Seorang pengantara
bukan hanya mewakili satu orang saja, sedangkan Allah adalah satu.
3:21 Kalau demikian, bertentangankah hukum Taurat dengan janji-janji Allah? Sekali-kali tidak.
Sebab andaikata hukum Taurat diberikan sebagai sesuatu yang dapat menghidupkan, maka memang kebenaran berasal dari hukum Taurat.
Galatia 3:24
3:24 Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus
datang, supaya kita dibenarkan karena iman.
Galatia 4:1
Tak ada lagi perhambaan
4:1 Yang dimaksud ialah: selama seorang ahli waris belum akil balig, sedikitpun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu;
Galatia 4:4
4:4 Tetapi setelah genap waktunya,
maka Allah mengutus Anak-Nya,
yang lahir dari seorang perempuan
dan takluk kepada hukum Taurat.
Galatia 4:6
4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya
ke dalam hati
kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa
9 !
"
Galatia 4:15
4:15 Betapa bahagianya kamu pada waktu itu! Dan sekarang, di manakah bahagiamu itu? Karena aku dapat bersaksi tentang kamu, bahwa jika mungkin, kamu telah mencungkil matamu dan memberikannya kepadaku.
Galatia 4:23
4:23 Tetapi anak dari perempuan yang menjadi hambanya itu diperanakkan menurut daging
dan anak dari perempuan yang merdeka itu oleh karena janji.
Galatia 4:29-30
4:29 Tetapi seperti dahulu, dia, yang diperanakkan menurut daging,
menganiaya yang diperanakkan menurut Roh,
demikian juga sekarang ini.
4:30 Tetapi apa kata nas Kitab Suci? "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba perempuan itu tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anak
perempuan merdeka itu."
Galatia 5:10
5:10 Dalam Tuhan aku yakin
tentang kamu, bahwa kamu tidak mempunyai pendirian
lain dari pada pendirian ini. Tetapi barangsiapa yang mengacaukan
kamu, ia akan menanggung hukumannya, siapapun juga dia.
Galatia 5:14
5:14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!
"
Galatia 5:22
5:22 Tetapi buah
Roh
10 ialah: kasih,
sukacita, damai sejahtera,
kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
Galatia 6:6-8
6:6 Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu
11 yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.
6:7 Jangan sesat!
Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan
12 . Karena apa yang ditabur
orang, itu juga yang akan dituainya.
6:8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya,
ia akan menuai kebinasaan
dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal
dari Roh itu.
1 Full Life: TERKUTUKLAH DIA
Nas : Gal 1:9
(versi Inggeris NIV menambah kata "untuk kekal" di sini). Istilah
"terkutuk" (untuk kekal) (Yun. _anathema_) berarti bahwa seseorang berada
di bawah kutukan Allah, dihukum untuk binasa dan akan menerima murka dan
kutukan Allah.
- 1) Rasul Paulus menyatakan sikap Roh Kudus yang menghukum dan memarahi
orang-orang yang berusaha untuk memutarbalikkan Injil asli Kristus (ayat
Gal 1:7) dan mengubah kebenaran dari kesaksian rasuli. Sikap yang
sama ini nyata dalam Yesus Kristus
(lihat cat. --> Mat 23:13),
[atau ref. Mat 23:13]
Petrus (pasal 2Pet 2:1-22), Yohanes (2Yoh 1:7-11), dan Yudas
(Yud 1:3-4,12-19), dan juga akan terdapat dalam hati semua pengikut
Kristus yang mengasihi Injil Kristus sebagaimana dinyatakan dalam Firman
Allah dan yang percaya bahwa itu adalah Kabar Baik dari keselamatan yang
sangat diperlukan bagi dunia yang terhilang dalam dosa (Rom 10:14-15)
- 2) Terkutuklah semua orang yang memberitakan injil yang bertentangan
dengan yang diberitakan Paulus, sebagaimana yang dinyatakan kepadanya
oleh Yesus Kristus (ayat Gal 1:11-12;
lihat cat. --> Gal 1:6).
[atau ref. Gal 1:6]
Siapa pun yang menambahkan atau mengurangi Injil asli dan yang pokok
dari Kristus dan para rasul berada di bawah kutukan Allah; "Allah akan
mengambil bagiannya dari pohon kehidupan" (Wahy 22:18-19).
- 3) Allah memerintah orang percaya untuk mempertahankan iman
(lihat cat. --> Yud 1:3),
[atau ref. Yud 1:3]
menegur dengan kasih (2Tim 2:25-26), dan memisahkan diri dari guru,
gembala, dan orang lain dalam gereja yang menyangkal kebenaran pokok
Alkitab yang diajarkan oleh Yesus dan para rasul (ayat Gal 1:8-9;
Rom 16:17-18; 2Kor 6:17). Kebenaran pokok ini meliputi:
- (a) Keilahian Kristus serta kelahiran-Nya dari seorang perawan
(Mat 1:23;
lihat cat. --> Yoh 20:28);
[atau ref. Yoh 20:28]
- (b) Pengilhaman dan kekuasaan penuh Firman Allah dalam segala
sesuatu yang diajarkannya
(lihat art. PENGILHAMAN DAN KEKUASAAN ALKITAB);
- (c) Kejatuhan Adam yang sesuai dengan sejarah (Rom 5:12-19);
- (d) Kebobrokan bawaan tabiat manusia (Kej 6:5; 8:21; Rom 1:21-32;
Rom 3:10-18; 7:14,21);
- (e) Terhilangnya umat manusia tanpa Kristus
(lihat cat. --> Kis 4:12;
[atau ref. Kis 4:12]
Rom 1:16-32; 10:13-15);
- (f) Keselamatan oleh kasih karunia melalui iman dalam Kristus
sebagai Tuhan dan Juruselamat, dikerjakan oleh kematian-Nya dan
pendamaian darah-Nya (Rom 3:24-25; 5:10;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA);
- (g) Kebangkitan Kristus secara fisik
(lihat cat. --> Mat 28:6;
[atau ref. Mat 28:6]
1Kor 15:3-4);
- (h) Realitas mukjizat dalam sejarah baik di PL maupun di PB
(1Kor 10:1);
- (i) Realitas Iblis dan setan-setan sebagai makhluk-makhluk rohani
(Mat 4:1; 8:28; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 6:11-18; 1Pet 5:8);
- (j) Ajaran Alkitab mengenai neraka
(lihat cat. --> Mat 10:28);
[atau ref. Mat 10:28]
- (k) Kedatangan kembali Kristus secara nyata ke bumi ini
Kis 1:11;
(lihat cat. --> Yoh 14:3;
lihat cat. --> 1Kor 1:7;
lihat cat. --> Wahy 19:11).
[atau ref. Yoh 14:3; 1Kor 1:7; Wahy 19:11]
- 4) Bagian lain yang berisi peringatan terhadap guru-guru palsu terdapat
di Rom 16:17; 2Pet 2:17-22; 2Yoh 1:9-11; Yud 1:12-13;
lihat cat. --> 2Kor 11:13;
[atau ref. 2Kor 11:13]
lihat art. GURU-GURU PALSU).
2 Full Life: IA, YANG TELAH MEMILIH AKU
Nas : Gal 1:15
(versi Inggris NIV -- "memisahkan"). Walaupun Paulus terutama
menunjuk kepada pelayanannya sebagai rasul, dalam satu arti setiap orang
percaya telah dipilih (dipisahkan) oleh kasih karunia supaya Allah dapat
menyatakan Putra-Nya melalui mereka. Kita sudah dipisahkan dari dosa dan
zaman yang jahat ini
(lihat cat. --> Gal 1:4),
[atau ref. Gal 1:4]
supaya kita dapat hidup dalam persekutuan dengan Allah dan bersaksi bagi
Yesus Kristus di depan dunia ini. Dipisahkan berarti dipersatukan dengan
Allah, untuk Allah dan dekat Allah -- hidup dalam iman dan ketaatan demi
kemuliaan-Nya dan penyataan Putra-Nya
(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
3 Full Life: ALLAH TIDAK MEMANDANG MUKA.
Nas : Gal 2:6
Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan,
reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17;
Ayub 34:19; Kis 10:34; Ef 6:9).
- 1) Allah melihat dan menilai hati, yaitu bagian batin seorang, dan Ia
menyenangi mereka yang hatinya sungguh-sungguh berpaling kepada-Nya
dalam kasih, iman, dan kekudusan (bd. 1Sam 16:7; Mat 23:28;
Luk 16:15; Yoh 7:24; 2Kor 10:7;
lihat cat. --> 1Kor 13:1).
[atau ref. 1Kor 13:1]
- 2) Demikianlah, Allah tidak lebih memperhatikan kasih, persekutuan, dan
doa orang yang terpelajar daripada yang tidak terpelajar, yang kaya
lebih daripada yang miskin, yang berkuasa daripada yang lemah; prinsip
abadi Allah ialah bahwa Dia menerima "setiap orang dari bangsa manapun
yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran" (Kis 10:35).
4 Full Life: MENGINGAT ORANG-ORANG MISKIN.
Nas : Gal 2:10
Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya
menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7;
Mat 6:2-4; Yoh 13:29). Di sekitar kita senantiasa akan ada orang yang
memerlukan bantuan. Orang miskin, khususnya "kawan-kawan kita seiman"
(Gal 6:10) memerlukan bantuan jasmaniah dan doa kita
(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).
5 Full Life: IA YANG MENGANUGERAHKAN ROH.
Nas : Gal 3:5
Petunjuk Paulus kepada Roh (ayat Gal 3:2,5,14; 4:6) meliputi
baik baptisan dalam Roh maupun pekerjaan khusus Roh selanjutnya (bd.
Kis 1:4-5; 2:4; 8:14-17; 10:44-47; 11:16-17; 19:1-6; 1Kor 12:4-11). Hal
ini ditunjukkan oleh
- (1) penggunaan istilah "mukjizat" (Yun. _dunamis_) yang mengandung
arti bahwa rasul Paulus sedang berpikir tentang penyataan karisma
Roh Kudus dan kedatangan-Nya dengan "kuasa" (Yun. _dunamis_) pada
hari Pentakosta (Kis 1:8; bd. Kis 2:1-4);
- (2) penggunaan bentuk partisip sekarang ("menganugerahkan" dan
"melakukan"), yang menunjukkan manifestasi yang berkesinambungan
dari karunia-karunia Roh Kudus;
- (3) penggunaan ungkapan "Roh yang telah dijanjikan itu" (ayat
Gal 3:14) yang hampir sama dengan kata-kata Petrus dalam
Kis 2:33 (bd. Luk 24:49; Kis 1:4); dan
- (4) penegasan dalam Gal 4:6 bahwa pengangkatan sebagai anak-anak
Allah terjadi sebelumnya dan adalah dasar untuk pengiriman Roh Kudus
ke dalam hati orang percaya.
6 Full Life: ROH ... YANG MELAKUKAN MUJIZAT.
Nas : Gal 3:5
Karya Roh Kudus yang berkesinambungan dalam jemaat-jemaat Galatia
meliputi mukjizat. Bagi Paulus, menerima Roh Kudus bukan saja suatu
pekerjaan di dalam batin yang tidak kelihatan, tetapi suatu pengalaman yang
menyatakan diri melalui kuasa ilahi antara orang percaya. Karunia-karunia
Roh merupakan norma penentu dari kehadiran dan kekuasaan Roh Kudus (bd.
pasal 1Kor 12:1-14:40). Pertobatan dan baptisan dalam Roh Kudus harus
senantiasa menghasilkan pengadaan mukjizat dan penyataan lain dari Roh.
7 Full Life: ORANG YANG BENAR AKAN HIDUP OLEH IMAN.
Nas : Gal 3:11
Paulus mengutip Hab 2:4 untuk menjelaskan pembenaran oleh iman
(bd. Rom 1:17). Habakuk menekankan bahwa seorang yang dibenarkan oleh
iman memiliki kebenaran batiniah, karena dia membandingkan orang yang benar
dengan orang yang tidak benar yang "tidak lurus hatinya" (Hab 2:4).
Demikianlah, Paulus percaya bahwa pembenaran meliputi suatu kebenaran
batiniah melalui Roh Kudus yang mendiami hati
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
8 Full Life: KALAU DEMIKIAN, APAKAH MAKSUDNYA HUKUM TAURAT?
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau
"pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh atau
perintah apa pun dalam PL; penggunaan kata hukum oleh Paulus di sini akan
meliputi sistem persembahan korban dari perjanjian Musa. Mengenai hukum ini
Paulus menyatakan beberapa hal:
- 1) Hukum diberikan oleh Allah "karena ... pelanggaran," yaitu supaya
menunjukkan dosa sebagai pelanggaran kehendak Allah dan membangkitkan
kesadaran manusia akan perlunya belas kasihan, kasih karunia, dan
keselamatan dalam Kristus (ayat Gal 3:24; bd. Rom 5:20; 8:2).
- 2) Walaupun hukum PL itu kudus, baik, dan benar (Rom 7:12), hukum PL
tidak memadai karena tidak dapat memberikan hidup rohani atau kekuatan
moral (ayat Gal 3:21; Rom 8:3; Ibr 7:18-19).
- 3) Hukum berfungsi sebagai penuntun sementara untuk umat Allah sehingga
keselamatan oleh iman kepada Kristus datang (ayat Gal 3:22-26).
Sebagai penuntun, hukum itu menyatakan kehendak Allah untuk perilaku
umat-Nya (Kel 19:4-6; 20:1-17; 21:1-24:8), menyediakan korban darah
untuk menutup dosa manusia (lih. Im 1:5; 16:33) dan menunjuk kepada
kematian Kristus yang mendamaikan (Ibr 9:14; 10:12-14).
- 4) Hukum diberikan untuk menuntun kita kepada Kristus "supaya kita
dibenarkan karena iman" (ayat Gal 3:24). Tetapi kini setelah Kristus
datang, peranan hukum sebagai penuntun sudah berakhir (ayat
Gal 3:25). Oleh karena itu, kita tidak lagi mencari keselamatan
melalui persediaan perjanjian yang lama, termasuk ketaatan kepada
hukum-hukumnya dan sistem pengorbanan. Keselamatan kini diperoleh
menurut persediaan perjanjian yang baru, khususnya kematian yang
mendamaikan dan kebangkitan yang mulia dari Yesus, dan hak istimewa
untuk menjadi milik Kristus (ayat Gal 3:27-29;
lihat cat. --> Mat 5:17
[atau ref. Mat 5:17]
mengenai hubungan orang Kristen dengan hukum Taurat;
lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA).
9 Full Life: ROH ... YANG BERSERU, "YA ABBA, YA BAPA!"
Nas : Gal 4:6
Salah satu tugas Roh Kudus ialah menciptakan perasaan kasih anak di
dalam hati anak-anak Allah yang menyebabkan mereka mengenal Allah sebagai
Bapa.
- 1) Istilah "_Abba_" adalah bahasa Aram yang artinya "Bapa". Itulah kata
yang dipakai Yesus ketika membicarakan Bapa-Nya di sorga. Perpaduan
istilah Aram "_Abba_" dengan istilah Yunani untuk ayah (_pater_)
mengungkap kedalaman keintiman, perasaan mendalam, kesungguhan,
kehangatan, dan keyakinan yang dengannya Roh menyebabkan kita berseru
kepada Allah (bd. Mr 14:36; Rom 8:15,26-27). Dua tanda yang pasti
dari pekerjaan Roh di dalam kita adalah seruan spontan kepada Allah
sebagai "Bapa" dan ketaatan spontan kepada Yesus Kristus sebagai "Tuhan"
(lihat cat. --> 1Kor 12:3).
[atau ref. 1Kor 12:3]
- 2) Mungkin yang terutama dimaksudkan Paulus dalam ayat ini adalah
baptisan dalam Roh Kudus dan kepenuhan yang berkesinambungan (bd.
Kis 1:5; 2:4; Ef 5:18), karena hubungan kita dengan Dia sebagai anak
dijadikan Allah sebagai alasan untuk mengutus Roh Kudus. Karena kita
sudah menjadi "anak" melalui iman kepada Kristus, Allah mencurahkan Roh
Kudus ke dalam hati kita. Keadaan "diterima menjadi anak" (ayat
Gal 4:5) mendahului pengiriman Roh Kudus
(lihat cat. --> Gal 3:5).
[atau ref. Gal 3:5]
10 Full Life: BUAH ROH.
Nas : Gal 5:22-23
Untuk ulasan tentang berbagai aspek dari buah Roh,
lihat art. PERBUATAN-PERBUATAN DOSA DAN BUAH ROH).
11 Full Life: MEMBAGI SEGALA SESUATU.
Nas : Gal 6:6-10
Kewajiban semua orang yang diajarkan Firman Allah ialah membantu
menyediakan tunjangan materi bagi mereka yang mengajar (1Kor 9:14;
1Tim 5:18). Mereka yang layak disokong adalah para gembala, pekerja,
guru, penginjil dan misionaris yang setia (1Kor 9:14; 3Yoh 1:6-8).
Menolak memberikan sokongan, jikalau kita mampu, berarti menabur dalam
daging serta menuai kehancuran (ayat Gal 6:7-9). Memberi kepada mereka
yang melayani Firman termasuk perbuatan baik terhadap mereka yang menjadi
anggota keluarga orang beriman (ayat Gal 6:10); "apabila sudah datang
waktunya kita akan menuai" (ayat Gal 6:9), baik pahala
(Mat 10:41-42) maupun "hidup yang kekal" (ayat Gal 6:8).
12 Full Life: ALLAH TIDAK MEMBIARKAN DIRI-NYA DIPERMAINKAN.
Nas : Gal 6:7
Mereka yang mengaku menjadi pengikut Kristus yang sudah dilahirkan
kembali dan dipenuhi Roh (ayat Gal 6:3), sedangkan pada saat yang sama
secara sadar menabur untuk memuaskan keinginan daging (Gal 5:19-21),
bersalah karena mempermainkan dan menghina Allah. Janganlah kita menipu
diri sendiri: orang demikian tidak akan menuai "hidup yang kekal" tetapi
"kebinasaan" (ayat Gal 6:8) dan "kematian" (Rom 6:20-23;
lihat cat. --> 1Kor 6:9).
[atau ref. 1Kor 6:9]